Cara Verifikasi Domain di Business Manager

cara verifikasi domain di business manager
Share artikel ini

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya mengenai update iOS 14 yang akan berdampak terhadap iklan Facebook, pada artikel kali ini kita akan membahas cara verifikasi domain di Business Manager Facebook. Verifikasi domain merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan supaya para advertiser Facebook tetap bisa melakukan tracking terhadap user iOS 14.

Supaya advertiser Facebook tetap bisa melakukan tracking terhadap user iOS 14 yang memilih opt-out, kita wajib menentukan prioritas event pada Facebook Pixel. Namun supaya bisa menentukan prioritas event tersebut, kita wajib melakukan verifikasi domain terlebih dahulu. Cara menentukan prioritas event akan kita bahas di artikel berikutnya. Pembahasan kali ini akan berfokus pada cara verifikasi domain.

 

Cara Verifikasi Domain di Business Manager Facebook

Verifikasi domain harus dilakukan melalui Business Manager Facebook. Ada 3 cara yang bisa dipilih untuk bisa melakukan verifikasi, yaitu:

  1. Menggunakan verifikasi DNS
  2. Upload file HTML
  3. Menggunakan meta-tag

Untuk bisa verifikasi kita butuh melakukan salah satu saja, tidak perlu melakukan semuanya. Cukup dipilih kira-kira cara mana yang paling mudah. Kita akan bahas ketiga cara tersebut masing-masing.

Pertama-tama, buka dulu Business Manager anda, kemudian masuk ke Business Settings > Brand Safety > Domains > Add

verifikasi domain di business manager

 

Setelah itu masukkan domain website anda.

masukkan domain untuk verifikasi

 

Verifikasi Domain Menggunakan DNS

Cara ini digunakan apabila anda punya akses ke domain registrar website anda. Caranya, login ke domain registrar web anda, dan masuk ke area pengaturan DNS records. Setiap penyedia domain mungkin punya penamaan atau struktur pengaturan yang berbeda, apabila anda tidak menemukan pengaturan DNS records, bisa tanyakan ke customer support anda.

Lalu kembali ke Business Settings Facebook, pilih DNS Verification dan kemudian copy TXT record yang ada tertera di sana, masukkan ke konfigurasi DNS domain anda.

verifikasi dns

 

Verifikasi dengan cara ini bisa jadi memakan waktu cukup lama karena perubahan pada konfigurasi DNS bisa sampai 72 jam. Apabila anda butuh cepat, mungkin bisa mempertimbangkan cara lainnya di bawah ini.

 

Verifikasi Domain Menggunakan Upload File HTML

Cara ini digunakan apabila anda punya akses ke file hosting website anda.

Di Business Settings Facebook,  pilih HTML File Upload. Akan ada link untuk mendownload file HTML. Download file tersebut kemudian upload ke root directory web anda. Kemudian klik link tautan ke file HTML tersebut. Apabila url tautan ke file tersebut sudah terbuka, artinya file sudah diupload dengan benar. Tinggal klik Verify saja.

upload file html

 

Verifikasi Menggunakan Meta-Tag

Cara ini digunakan apabila anda punya akses edit HTML di homepage domain website anda.

Masih di Business Settings, pilih Meta-Tag Verification. Copy meta-tag yang tertera di sana dan masukkan ke dalam header <head> section di homepage website anda. Klik Verify.

verifikasi meta tag

 

What do you think?

Cara mana yang menurut anda paling mudah? Bagikan pengalaman maupun komentar anda pada kolom di bawah ini.

Have a great week ahead!


Share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *