Persiapan Membuat Dynamic Ads (part 2)

persiapan membuat dynamic ads product catalog
Share artikel ini
  • 24
    Shares

Setelah menyiapkan Event Parameter pada Facebook Pixel, persiapan membuat Dynamic Ads di Facebook dan Instagram berikutnya yaitu membuat Product Catalog.

 

Membuat Product Catalog untuk Dynamic Ads

Klik pada mega menu di kiri atas, klik ‘All Tools’, kemudian pilih ‘Catalog’.

pilih catalog pada menu

 

Kemudian klik tombol ‘Create Catalog’ berwarna biru. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Artikel kali ini akan membahas persiapan membuat Dynamic Ads dengan product catalog untuk e-commerce, jadi kita pilih ‘E-commerce’.

pilih catalog ecommerce

 

Akan muncul 2 pilihan seperti pada gambar di bawah ini. Bagi anda yang menggunakan platform e-commerce seperti Shopify, Magento, atau WooCommerce, bisa klik pada ‘Connect E-commerce Platform’ kemudian tinggal mengikuti petunjuk yang ada di sana. Namun bagi yang tidak menggunakan salah satu platform e-commerce yang tercantum di sana, anda harus membuat catalog secara manual dengan memilih ‘Upload Product Info’.

persiapan membuat catalog untuk dynamic ads

 

Membuat Product Feed

Setelah itu, klik pada tombol ‘View Catalog’ kemudian pilih tab ‘Product Data Source’ lalu ‘Add Data Source’. Di bagian ini kita harus memasukkan sumber data yang akan menjadi catalog produk kita.

menambah data source untuk product catalog

 

Akan muncul 3 cara memasukkan data produk ke dalam katalog, yaitu:

  • Add Manually: memasukkan produk satu-persatu ke dalam katalog. Cara ini akan memakan banyak waktu apabila ada mempunyai banyak sekali produk.
  • Use Data Feeds: memasukkan banyak produk sekaligus. Cara ini akan kita bahas lebih lanjut di artikel ini.
  • Connect Facebook Pixels: cara ini seharusnya bisa menjadi yang paling simpel dibandingkan kedua cara di atas. Dengan cara ini, kita bisa memasukkan produk berdasarkan data dari Facebook Pixel. Sayangnya saat ini belum available sehingga saya belum pernah mencoba membuat product catalog menggunakan cara ini.  

 

Kita akan membahas lebih detail metode pembuatan product catalog dengan menggunakan Data Feed.

data source untuk persiapan membuat dynamic ads

 

Di tahap berikutnya kita bisa mendownload template file untuk product feed dengan menggunakan format file csv. Template tersebut bisa kita gunakan sebagai acuan field-field apa saja yang diperlukan dalam pembuatan catalog, beserta cara mengisi field tersebut.

Ada 2 pilihan dalam pembuatan product feed, yaitu:

  • Upload Once: produk hanya akan diupload sekali saja. Cocok digunakan apabila produk yang dijual tidak banyak perubahan, baik dari segi harga maupun ketersediaan stok.
  • Set a Schedule: produk akan diupload secara berkala. Biasanya dengan menggunakan URL dari database produk. Biasanya format file menggunakan csv atau xml. Cocok digunakan apabila ingin produk diupdate secara berkala, untuk menjamin ketersediaan stok, harga, dan lain sebagainya. Set waktu yang diinginkan untuk update berkala. Pada umumnya update berkala ini dilakukan setiap hari, pada tengah malam supaya tidak mengganggu aktivitas pengunjung website.

membuat product feed update berkala

 

 

Setelah tahapan ini selesai, produk akan mulai diupload. Kita akan bisa melihat prosesnya dan akan muncul notifikasi berapa produk yang berhasil ataupun gagal diupload.

Sampai di sini, product feed sudah selesai dan bisa digunakan untuk iklan Dynamic Ads.

 

Field yang Wajib Ada pada Product Feed

Dari product feed yang kita buat, ada beberapa field yang wajib ada, yaitu:

  • id: product id, berupa angka yang unik dari setiap produk. ini merupakan field yang paling penting karena nantinya akan menjadi field yang dicocokkan dengan Event Parameter dari Pixel.
  • availability: biasanya diisi dengan in stock atau out of stock
  • condition: kondisi produk, biasanya diisi dengan new atau used
  • description: deskripsi singkat tentang produk
  • image link: link untuk gambar produk. minimum ukuran gambar 600 x 600 px
  • product url link: link untuk url produk di website
  • title: nama produk
  • price: harga produk
  • brand: nama brand dari produk

Masih ada field lainnya yang tidak wajib ada pada product feed, namun bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.

 

What do you think?

Demikianlah pembahasan bagian kedua mengenai persiapan membuat Dynamic Ads di Facebook dan Instagram. Bagikan pengalaman anda dalam persiapan membuat Dynamic Ads, atau juga komentar pada kolom di bawah ini.

Have a great week ahead!

 


Share artikel ini
  • 24
    Shares

2 Replies to “Persiapan Membuat Dynamic Ads (part 2)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *