Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping

cara mengaktifkan fitur instagram shopping
Share artikel ini

Belakangan ini banyak akun Instagram di Indonesia yang mendapatkan akses ke fitur Instagram Shopping. Walaupun sudah launch dari beberapa waktu yang lalu, tampaknya belum semua akun Instagram di Indonesia mendapatkan akses ke fitur ini.

 

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram shopping merupakan fitur yang memungkinkan anda memasukkan post yang mengandung tag produk di dalamnya. Pernah lihat ada akun Instagram yang post nya ada tag produk, dan saat kita klik di tag produk tersebut diarahkan ke website brand yang bersangkutan? Jika ya, itulah yang disebut dengan Instagram Shopping.

contoh instagram shopping
sumber: Instagram

 

Namun belum semua akun Instagram mendapatkan akses ke fitur ini. Saat ini hanya terbatas pada akun tertentu saja, dan terutama akun yang sudah memenuhi persyaratan untuk disetujui mendapatkan akses.

 

Syarat yang Harus Dipenuhi

Supaya mendapatkan akses, akun anda akan masuk ke dalam sistem review terlebih dahulu, untuk memastikan apakah akun anda sudah memenuhi persyaratan. Nah syarat-syaratnya apa saja?

  • Akun anda harus menjual produk fisik. Jadi tidak berlaku untuk anda yang menjual jasa atau produk lainnya yang bukan merupakan produk fisik.
  • Akun Instagram anda harus sudah merupakan akun bisnis. Jika anda masih menggunakan akun personal, harus diubah menjadi akun bisnis terlebih dahulu.
  • Akun Instagram anda harus terhubung dengan Facebook Page bisnis anda. Saat anda mengubah akun dari personal ke bisnis, anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram ke Facebook Page. Pastikan anda menghubungkannya.
  • Akun anda harus memenuhi standar kebijakan Facebook dan Instagram. Kebijakannya bisa anda lihat di halaman ini.
  • Akun Instagram anda harus terhubung dengan katalog produk di Facebook. Penjelasan mengenai cara membuat katalog produk pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Jika anda sudah memenuhi seluruh persyaratan tersebut, akun anda akan masuk proses peninjauan oleh pihak Facebook dan Instagram. Anda hanya perlu menunggu untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping. Sayangnya, durasi peninjauannya sangat beragam dan tidak ada yang tahu pasti prosesnya akan makan waktu berapa lama.

 

Bagaimana Cara Set Up Instagram Shopping?

Apabila anda sudah memenuhi persyaratan di atas dan sudah disetujui untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping, sebetulnya untuk set up nya sendiri cukup mudah.

  • Buka profil Instagram anda, kemudian ke Settings/Pengaturan, lalu pilih Business/Bisnis
  • Anda akan melihat pilihan Shopping/Belanja. Apabila pilihan ini belum muncul, artinya akun anda belum mendapatkan akses ke fitur ini.
  • Hubungkan akun anda ke katalog.

Setelah semua proses ini selesai, anda akan melihat pilihan untuk tag produk saat anda akan melakukan posting di Instagram anda.

 

What do you think?

Apakah anda tertarik untuk menggunakan fitur Instagram Shopping atau menghadapi kesulitan untuk set up nya? Bagikan pengalaman dan komentar anda pada kolom di bawah ini.

Have a great week ahead!


Share artikel ini

22 Replies to “Cara Mengaktifkan Fitur Instagram Shopping”

  • Haloo, bagaimana kita bisa tau kalau akun kita sudah disetujui untuk mendapatkan fitur Instagram Shopping? Karena semua syarat Facebook sudah saya ikuti namun entah kenapa saat mau set up Instagram Shopping masih belum bisa dan keterangannya hanya ‘not available in your region’

  • spending iklan dengan nominal yang besar supaya bisa jadi managed partner Facebook, minimal kisaran berapa yap pak? karena saya pun sdh aktif ads

  • haloo andreas saya sudah mencoba tapi keterangann “Tidak Memenuhi Syarat untuk Instagram Shopping.” apakah anda mempunyai saran atau solusi ?

  • Halo pak, aku udah memenuhi syaratnya setelah di klik connect catalog, ada button send set up instruction. Tapi aku liat di email atau di fb, engga ada link dari task tersebut. Mohon bantuannya

  • Mau tanya kak, fitur shopping di Instagram saya blm muncul itu kira-kira saya membutuh waktu berapa lama ya untuk mendapatkan fiturnya? saya kan sudah disetujui untuk instagram shopping tapi belum ada fiturnya dan itu saya sudah menunggu hampir 1 minggu tapi belum muncul juga. Mohon penjelasannya ya kak terimakasih 🙏

    • halo, kemungkinan karena belum menjadi managed partner. selama belum menjadi managed partner memang tidak akan dapat fitur Instagram Shopping nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *