Membuat Value Based Lookalike Audience (part 2)

membuat value based lookalike audience part 2
Share artikel ini

Value Based Lookalike Audience (VB-LAL) merupakan salah satu jenis audience yang powerful dan apabila digunakan dengan benar, biasanya memberikan hasil yang bagus pada performa campaign. Pada artikel sebelumnya, saya pernah membahas mengenai cara membuat VB-LAL dengan menggunakan customer database. Berdasarkan update terbaru, saat ini Value Based Lookalike Audience sudah bisa dibuat dari sumber data selain customer file, yaitu dari data Facebook Pixel.

 

Membuat Value Based Lookalike Audience dari Data Facebook Pixel

Pertama-tama, pada mega menu pilih All Tools, kemudian pilih Audience.

pilih audience pada mega menu

 

Saat membuat audience, agak sedikit berbeda dengan membuat lookalike audience yang biasanya. Kali ini bisa langsung membuat lookalike audience tanpa terlebih dahulu membuat custom audience.

pilih lookalike audience

 

Nah di bagian ini, kita harus memilih sumber data untuk dijadikan sumber pembuatan lookalike audience. Saat kita klik di bagian tersebut, akan muncul dropdown yang bisa dipilih. Untuk membuat VB-LAL, kita bisa menggunakan sumber data dari Facebook Pixel atau dari Product Catalog (apabila sudah mempunyai product catalog).

pilih pixel atau catalog

 

Sebetulnya, jika kita memilih Product Catalog, sumber datanya juga berasal dari Facebook Pixel. Namun bedanya, kita bisa memilih data Pixel dari produk tertentu saja, tidak dari semua data Pixel. Untuk contoh di artikel ini, saya akan memilih sumber data dari Facebook Pixel.

Selanjutnya, kita harus memilih event yang akan digunakan. Sebagai rekomendasi secara otomatis dipilih event Purchase karena event tersebut yang biasanya memberikan angka value, sehingga cocok digunakan untuk pembuatan VB-LAL. Tapi sebetulnya kita bisa memilih untuk menggunakan event lain selain Purchase, asalkan event tersebut juga memberikan angka value pada parameternya.

pilih event untuk membuat value based lookalike audience

 

Dari gambar di atas terlihat data value dari event yang kita pilih. Data tersebut ditarik selama 60 hari terakhir dari data event tersebut dari Facebook Pixel. Berdasarkan trial yang saya lakukan, VB-LAL tidak bisa dibuat dari data pixel apabila jumlah Unique Customers nya kurang dari 100. Hal ini tentunya sama dengan saat kita membuat lookalike audience dari customer file, yang mensyaratkan minimum 100 data customer. Jadi bagi anda yang jumlah Unique Customers event Purchase nya kurang dari 100, bisa menggunakan event lain seperti Initiate Checkout atau Add to Cart untuk mencapai minimum 100 data customer.

Sisanya sama seperti membuat lookalike audience biasanya. Pilih negara dan besaran lookalike audience yang mau dibuat.

 

Perbedaan dengan VB-LAL dari Database Customer

Tentunya, VB-LAL dari data Facebook Pixel hanya bisa dibuat apabila ada Facebook Pixel yang aktif digunakan. Dan bukan hanya itu, Facebook Pixel tersebut juga harus disetup dengan standard events yang memberikan data parameter value. Artinya, yang bisa menggunakan fitur ini kurang lebih hanya advertiser dari industri e-commerce, atau setidaknya dari bisnis yang memungkinkan terjadinya transaksi di dalam website. Sedangkan VB-LAL yang dibuat dari customer file bisa digunakan oleh advertiser dari industri manapun, selama mereka mempunyai data value pembelian masing-masing customer.

Namun, keunggulan dari VB-LAL yang dibuat dari Facebook Pixel tentunya karena sifatnya yang dinamis. Data akan terus terupdate selama terjadi transaksi sehingga VB-LAL akan selalu terupdate pula dengan data terbaru. Berbeda dengan VB-LAL yang dibuat dari customer file, yang datanya statis. Kita harus upload ulang setiap kali ada data transaksi terbaru.

 

What do you think?

Apakah anda sudah mencoba membuat Value Based Lookalike Audience dari data Facebook Pixel? Berikan komentar maupun pertanyaan anda pada kolom di bawah ini.

Have a great week ahead!


Share artikel ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *