Memasang Facebook Pixel Event dengan Event Setup Tool

memasang facebook pixel event dengan event setup tool
Share artikel ini

Pada artikel terdahulu saya pernah membahas 3 cara memasang facebook pixel dan kode event. Baru-baru ini, ada cara lain yang bisa digunakan untuk setup event, yaitu dengan menggunakan Event Setup Tool.

 

Apa itu Event Setup Tool?

Event Setup Tool merupakan fitur terbaru dari Facebook Ads Manager untuk memudahkan advertiser memasang kode event di website mereka. Jika sebelumnya harus menggunakan plugin/extension atau pasang script secara manual di website, sekarang dengan adanya Event Setup Tool, semuanya dapat dilakukan dengan mudah.

Tapi, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kode dasar dari Facebook Pixel anda sudah dipasang terlebih dahulu 🙂

 

Cara Memasang Facebook Pixel Event dengan Event Setup Tool

Pertama-tama, buka mega menu dan pilih Pixel. Setelah halaman Pixel terbuka, klik Details.

pilihan pixel di mega menu

 

Di bagian kanan atas akan ada pilihan untuk setup Facebook Pixel. Pilih Set Up New Events.

pilih setup new events

 

Kemudian akan muncul pilihan untuk menggunakan Event Setup Tool.

pilihan memasang facebook pixel event dengan event tool

 

Kemudian masukkan URL website yang ingin dipasangkan event Facebook Pixel. Klik Open Website.

masukkan url website untuk memasang event

 

Website yang anda masukkan akan terbuka di tab baru, beserta dengan window kecil untuk konfigurasi event Facebook Pixel. Apabila ada event tertentu yang ditrack di halaman ini, akan muncul di window kecil tersebut. Begitu juga dengan rekomendasi event, akan muncul juga di window yang sama.

 

Memasang Facebook Pixel Event di Button

Ada 2 cara untuk memasang Facebook Pixel event, yaitu dengan tracking di button atau di URL. Kita akan bahas cara tracking di button terlebih dahulu.

pilihan untuk setup facebook pixel event

 

Apabila anda ingin tracking event tertentu di sebuah tombol, bisa pilih Track New Button. Halaman website anda akan di-scan dan setiap button/URL link yang terdeteksi akan muncul dan bisa dipilih untuk di-track. Sayangnya Event Setup Tool tidak berhasil mendeteksi semua tombol yang ada, misalnya apabila tombol tersebut berupa floating button.

setup facebook pixel event dengan track button

 

Sebagai contoh, saya pilih tombol Cari untuk di-track dengan Facebook Pixel event. Kemudian saya pilih event Start Trial sebagai contoh event yang akan dipasang.

pilihan event di button

 

Apabila berhasil, event yang dipilih akan muncul di window kecil tadi. Artinya event tersebut berhasil dipasang di tombol yang kita pilih.

event start trial tracked

 

Memasang Facebook Pixel Event di URL

Selain tracking di button, event juga bisa disetup di URL tertentu. Sama seperti pilihan untuk track di button, pilih event yang ingin dipasang terlebih dahulu. Kemudian masukkan URL yang ingin di-track. URL bisa menggunakan ‘equals’ (kode event hanya bekerja apabila URL persis sama) atau ‘contains’ (kode event bekerja apabila sebagian dari URL cocok).

tracking facebook pixel event dengan url

 

Cara ini mirip dengan menggunakan Custom Conversions. Bedanya, event yang disetup menggunakan fitur ini merupakan standard event, bukan custom event. Jadi kita bisa menggunakan event yang sama untuk tracking beberapa tombol/link/URL yang berbeda. Hal ini tidak dapat dilakukan apabila kita menggunakan Custom Conversions.

 

Kelebihan dan Kekurangan Event Setup Tool

Untuk para advertiser yang baru memulai, adanya Event Setup Tool ini sangat membantu dalam pemasangan pixel event. Hanya dengan beberapa klik saja, kita sudah bisa memasang event sesuai dengan pilihan standard events yang ada di Facebook Pixel.

Sayangnya, di Event Setup Tool ini kita belum bisa memasukkan parameter di event. Untuk para advertiser yang lebih advance, adanya paramater di event pixel tentunya sangat membantu dalam hal tracking, pembuatan audience, dan juga optimalisasi campaign Dynamic Ads. Penjelasan detail mengenai parameter event pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Namun, perkiraan saya akan ada versi baru dari Event Setup Tool yang memungkinkan kita memasang parameter langsung saat memasang event. Kalau benar, tentunya Event Setup Tool ini akan sangat berguna sekali dalam menyempurnakan pemasangan event Facebook Pixel.

 

What do you think?

Apakah anda sudah coba menggunakan Event Setup Tool? Bagikan pengalaman dan komentar anda pada kolom di bawah ini.

Have a great week ahead!


Share artikel ini

8 Replies to “Memasang Facebook Pixel Event dengan Event Setup Tool”

  • saya mau tanya kalau saya punya akun iklan FB yang masuk ke akun bisnis..kemudian saya mau ubah zona waktunya..tapi saya coba2 tidak bisa di edit sona waktunya..bagaimana caranya y mas..
    zona sekarang Los Angeles ..mau saya rubah jadi jakarta, indonesia..
    terimakasih atas jawabannya..

  • Master,, mau tanya soal fb ads, mohon bantuannya,, apakah bisa pasang pixel ke instant experience / canvas? Kalau bisa,,, caranya gimana master

  • Saya mau tanya tentang fb pixel

    apakah di setiap akun ada batasan code pixelnya? Misalnya saya mempunyai 2 sales page dan saya berencana menggunakan 2 code fb pixel berbeda di 2 sales page tersebut dan di akun iklan yang sama dan saya tidak menggunakan BM karna di BM untuk metode pembayaran hanya bisa melalui kartu kredit sedangkan saya tidak punya kartu kredit

    Pertanyaan kedua adalah
    Preset website purchase

    Tentang website purchase apakah facebook men-trackingnya melalui kode fb pixel event atau alat lain ?

    Dan untuk bagian preset website purchase value bagaimana cara fb men-tracking total profit yang didapat ? Apakah bisa memberi value harga per produk di fb pixel ?

    Terima kasih,
    Semoga bisa memberi saya edukasi tentang masalah ini

  • We haven’t received any events for the pixel Sugeng Nugroho Dsl’s Pixel Please check that the pixel code on your website is set up correctly.

    Kalau seperti itu saat set up event manager, gimana solusinya coach? trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *